A. PROFIL LULUSAN
Berdasarkan SK Dekan UM Jember No. 473/II.3.AU/FKIP/A/2015 tentang Kurikulum Pendidikan Biologi, bahwa lulusannProgram Studi (PS) Pendidikan Biologi FKIP UM Jember diharapkan memiliki profil yang didasarkan pada capaian pembelajaran yang mencakup empat aspek yaitu Penguasaan Pengetahuan, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, serta Sikap dan Tata-nilai. Penentuan profil lulusan PS Pendidikan Biologi FKIP UM Jember didasarkan pada hasil tracer study dan analisis SWOT serta musyawarah pada forum Asosiasi Program Studi Pendidikan Biologi Perguruan Tinggii Muhammadiyah (ASPRODIKBIO PTM). Adapun rumusan profil lulusan PS Pendidikan Biologi FKIP UM Jemberr adalahh sebagaiu berikut:
No. |
Profil Lulusan |
Deskripsi |
1 |
Pendidik Biologi |
Adalah pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi biologi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan biologi dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan berlandaskan nilai-nilai keislaman, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru professional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun Biologi |
2 |
Peneliti Biologi dan Pendidikan Biologi |
Adalah pengkaji permasalahan Biologi dan pendidikan Biologi serta mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila dan berlandaskan nilai-nilai keislaman dengan didukung kemampuan berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta penguasaan TIK, dan memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear |
3 |
Wirausahawan di Bidang Biologi dan Pembelajarannya |
Pengusaha yang berusaha secara mandiri maupun berkelompok untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungann dengann Biologi dan pembelajaran |
4 |
Pengelola Laboratorium Biologi Sekolah |
Pengelola laboratorium Biologi sekolah sesuai permendikbud no. 26 Tahun 2008, yaitu kepala laboratorium (baik dari jalur guru, mapun teknisi), teknisi dan laboran. |
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Program Studi Pendidikan Biologi dinyatakan dalam bentuk Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terdiri dari aspek sikap (S), keterampilan umum (KU), keterampilan khusus (KK), dan penguasaan pengetahuan (PP). CPL tersebut dirumuskan berdasarkan SN-Dikti dan diskriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikan sarjana (level 6). Adapun rumusan lengkap standar kompetensi lulusan prodi Pendidikan Biologi yang dinyatakan dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan adalah sebagai berikut:
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
|
Sikap (S) |
|
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius; |
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila; |
S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain; |
S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri. |
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan; |
S11 |
Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati sebagai pendidik untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik |
S12 |
Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik yang unggul bernafaskan nilai-nilai keislaman |
Ketrampilan Umum (KU) |
|
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistimatis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atu implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskriptif santifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU4 |
Menyusun diskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data; |
KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.; |
KU8 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
KU10 |
Mampu mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam pembelajaran Biologi |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
KK1 |
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran |
KK2 |
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya |
KK3 |
Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal Psikologi pendidikan |
KK4 |
Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran |
KK5 |
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran |
KK6 |
Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar |
KK7 |
Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi |
KK8 |
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas Kurikulum |
KK9 |
Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan |
KK10 |
Mampu menerapkan pedagogi specific untuk membelajarkan konsep Biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi tecnological pedagogical content knowledge (TPCK) |
KK11 |
Memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peseta didik secara mandiri dan kelompok |
KK12 |
Mengkomunikasikan secara lisan dan tulis hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi ditingkat nasional dan/atau internasional |
KK13 |
Mengaplikasikan ilmu Biologi dan pendidikan Biologi sebagai dasar pengembangan kewirausahaan |
KK14 |
Mengapilikasikan manajemen sekolah dan laboratorium IPA Biologi dengan memanfaatkan IPTEKS |
KK15 |
Melaksanakan pembelajaran Biologi yang berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan |
Penguasaan Pengetahuan (PP) |
|
PP1 |
Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan |
PP2 |
Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan |
PP3 |
Menguasai teori belajar dan pembelajaran |
PP4 |
Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan |
PP5 |
Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian |
PP6 |
Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman |
PP7 |
Menguasai konsep, prinsip, hukum dan teori biologi dan Ke-MIPA-an serta terapannya dalam pembelajaran di sekolah |
PP8 |
Menguasai metodologi penelitian kependidikan dan keilmuan Biologi |
PP9 |
Menganalisis potensi lokal kawasan tapal kuda sebagai dasar pengembangan kearifan lokal dalam pembelajaran |
PP10 |
Menguasai konsep dan prinsip kewirausahaan berbasis Biologi dan Pendidikan Biologi |
PP11 |
Menguasai manajemen sekolah dan laboratorium IPA Biologi Sekolah |
PP12 |
Menguasai prinsip-prinsip keislaman dan kemuhammadiyahan dalam pembelajaran Biologi |
C. DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER
Penyebaran mata kuliah program studi Pendidikan Biologi pada tiap semster utamanya didasarkan pada hierarki keilmuan, sehingga sebagian besar mata kuliah membutuhkan mata kuliah lain sebagai prasyarat. Adapun daftar mata kuliah Prodi Pendidikan Biologi Tiap semester adalah sebagai berikut:
Semester 1 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.01-002 |
Pancasila |
2 |
- |
||||||||
2 |
MJU.01-001 |
Pendidikan Agama |
2 |
- |
||||||||
3 |
MJU.KIP.BIO-001 |
Biologi Dasar |
3 |
- |
||||||||
4 |
MJU.KIP.BIO-002 |
Matematika Dasar |
3 |
- |
||||||||
5 |
MJU.KIP.BIO-003 |
Kimia Biologi |
3 |
- |
||||||||
6 |
MJU.KIP.BIO-004 |
Teknik Lab Biologi |
3 |
- |
||||||||
7 |
MJU.KIP-001 |
Landasan Pendidikan |
2 |
- |
||||||||
|
|
JUMLAH |
18 |
|
||||||||
Semester 2 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.01-003 |
PendidikannKewarganegaraann |
2 |
- |
||||||||
2 |
MJU.01-004 |
Bahasa Indonesiaa |
2 |
- |
||||||||
3 |
MJU.02-005 |
Ibadah, Akhlak dan Muamalah (Al Islam II) |
2 |
- |
||||||||
4 |
MJU.KIP-002 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
- |
||||||||
5 |
MJU.KIP-003 |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
- |
||||||||
6 |
MJU.KIP.BIO-005 |
Dasar Bimbingan dan Konseling |
2 |
- |
||||||||
7 |
MJU.KIP.BIO-006 |
Biokimia |
3 |
Kimia Biologi |
||||||||
8 |
MJU.KIP.BIO-007 |
Fisika Biologi |
3 |
Biologi dasar |
||||||||
9 |
MJU.KIP.BIO-008 |
Pendidikan Biologi |
2 |
Landasan Pendidikan, Biologi Dasar |
||||||||
|
|
JUMLAH |
20 |
|
||||||||
Semester 3 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.02-006 |
Kemuhammadiyahan |
2 |
- |
||||||||
2 |
MJU.KIP.BIO-009 |
Struktur Perkembangan Tumbuhan |
4 |
Biologi dasar |
||||||||
3 |
MJU.KIP.BIO-010 |
Struktur Perkembangan Hewan |
4 |
Biologi dasar |
||||||||
4 |
MJU.KIP-004 |
Belajar dan pembelajaran |
2 |
Landasan pendidikan |
||||||||
5 |
MJU.KIP.BIO-011 |
Biologi Seluler dan Molekuler |
3 |
Biologi dasar |
||||||||
6 |
MJU.KIP-005 |
Penguatan Lapangan Landasan Kependidikan (PLP I) |
1 |
Landasan, pendidikan, PPD, Dasar BK |
||||||||
7 |
MJU.KIP.BIO-013 |
Profesi guru |
2 |
- |
||||||||
8 |
MJU.KIP.BIO-012 |
Manajemen Sekolah* |
2 |
Landasan pendidikan |
||||||||
9 |
MJU.KIP.BIO-038 |
Instrumentasi Laboratorium* |
3 |
|
||||||||
|
|
JUMLAH |
23 |
|
||||||||
Semester 4 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.02-007 |
Islam dan Ilmu Pengetahuan |
2 |
- |
||||||||
2 |
MJU.KIP.BIO-015 |
Kajian Kurikulum Biologi SMA/MA |
2 |
Pendidikan Biologi |
||||||||
3 |
MJU.KIP.BIO-016 |
Mikrobiologi |
3 |
Pendidikan Biologi |
||||||||
4 |
MJU.KIP.BIO-017 |
Biosistematik Tumbuhan |
3 |
Biologi seluler dan molekuler |
||||||||
5 |
MJU.KIP.BIO-018 |
Biosistematik Hewan |
3 |
SPT |
||||||||
6 |
MJU.KIP.BIO-019 |
Strategi Belajar Mengajar Biologi |
3 |
SPH |
||||||||
7 |
MJU.KIP.BIO-020 |
TIK dalam Pembelajaran Biologi |
2 |
Pendidikan Biologi, Belajar dan pembelajaran |
||||||||
8 |
MJU.KIP.BIO-014 |
Kajian Kurikulum IPA terpadu SMP/MTs* |
2 |
Biologi dasar, pendidikan Biologi |
||||||||
9 |
MJU.KIP.BIO-039 |
Parasitologi* |
3 |
|
||||||||
|
|
JUMLAH |
23 |
|
||||||||
Semester 5 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.KIP.BIO-021 |
Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Biologi |
3 |
SBM, Kurikulum, TIK dalam pembelajaran Biologi |
||||||||
2 |
MJU.KIP.BIO-022 |
Perencanaan Pembelajaran Biologi |
3 |
Kurikulum, |
||||||||
3 |
MJU.KIP.BIO-023 |
Evaluasi Pembelajaran Biologi |
3 |
SBM Bio, TIK dalam pembeljaran Biologi |
||||||||
4 |
MJU.KIP-006 |
Praktik Pengalaman Adminitrasi Pembelajaran (PLP II tahap I) |
1 |
SBM, Kurikulum |
||||||||
5 |
MJU.KIP.BIO-024 |
Biostatistik |
3 |
Matematika |
||||||||
6 |
MJU.01-002 |
Kewirausahaan |
2 |
- |
||||||||
7 |
MJU.KIP.BIO-025 |
Fisiologi Tumbuhan |
3 |
SPT |
||||||||
8 |
MJU.KIP.BIO-026 |
Bahasa Inggris |
2 |
- |
||||||||
|
|
JUMLAH |
20 |
|
||||||||
Semester 6 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.KIP-007 |
Microteaching |
2 |
Kewirausahaan |
||||||||
2 |
MJU.KIP.BIO-027 |
Metodologi Penelitian |
4 |
Semua kependidikan |
||||||||
3 |
MJU.KIP.BIO-028 |
Genetika |
4 |
Biostatistik |
||||||||
4 |
MJU.KIP.BIO-029 |
Fisiologi Hewan |
3 |
Biologi seluler molekuler |
||||||||
5 |
MJU.KIP.BIO-030 |
Ekologi |
4 |
SPH |
||||||||
6 |
MJU.KIP.BIO-032 |
Bioedupreneur* |
3 |
Biosistematik hewan dan tumbuhan |
||||||||
7 |
MJU.KIP.BIO-040 |
Pengelolaan Pangan Halal* |
2 |
|
||||||||
8 |
MJU.KIP.BIO-041 |
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK* |
2 |
|
||||||||
|
|
JUMLAH |
24 |
|
||||||||
Semester 7 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.KIP-008 |
Kuliah Kerja Terbimbing (PLP II tahap II) |
2 |
Microteaching |
||||||||
2 |
MJU.02-009 |
KKN-PM |
3 |
|
||||||||
3 |
MJU.KIP.BIO-031 |
Anatomi Fisiologi Manusia |
3 |
Fiswan |
||||||||
4 |
MJU.KIP.BIO-033 |
Evolusi |
2 |
Genetika |
||||||||
5 |
MJU.KIP.BIO-035 |
Ilmu Lingkungan |
3 |
Genetika |
||||||||
6 |
MJU.KIP.BIO-037 |
Penulisan Proposal dan Artikel ilmiah |
2 |
Ekologi |
||||||||
7 |
MJU.KIP.BIO-036 |
Etnobiologi Kawasan Tapal Kuda* |
2 |
Ekologi |
||||||||
8 |
MJU.KIP.BIO-034 |
Bioteknologi* |
3 |
Metpen |
||||||||
9 |
MJU.KIP.BIO-042 |
Kultur Jaringan* |
2 |
|
||||||||
|
|
JUMLAH |
22 |
|
||||||||
Semester 8 |
||||||||||||
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Sks |
Prasyarat |
||||||||
1 |
MJU.02-010 |
Skripsi |
6 |
Lulus seluruh MK |
||||||||
|
|
JUMLAH |
6 |
|
||||||||