Kurikulum

A.  PROFIL LULUSAN

Berdasarkan SK Dekan UM Jember No. 473/II.3.AU/FKIP/A/2015 tentang Kurikulum Pendidikan Biologi, bahwa lulusannProgram Studi (PS) Pendidikan Biologi FKIP UM Jember diharapkan memiliki profil yang didasarkan pada capaian pembelajaran yang mencakup empat aspek yaitu Penguasaan Pengetahuan, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, serta Sikap dan Tata-nilai. Penentuan profil lulusan PS Pendidikan Biologi FKIP UM Jember didasarkan pada hasil tracer study dan analisis SWOT serta musyawarah pada forum Asosiasi Program Studi Pendidikan Biologi Perguruan Tinggii Muhammadiyah (ASPRODIKBIO PTM). Adapun rumusan profil lulusan PS Pendidikan Biologi FKIP UM Jemberr adalahh sebagaiu berikut:

No.

Profil Lulusan

Deskripsi

1

Pendidik Biologi

Adalah pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi biologi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan biologi dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan berlandaskan nilai-nilai keislaman, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru professional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun Biologi

2

Peneliti Biologi dan Pendidikan Biologi

Adalah pengkaji permasalahan Biologi dan pendidikan Biologi serta mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila dan berlandaskan nilai-nilai keislaman dengan didukung kemampuan berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta penguasaan TIK, dan memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear

3

Wirausahawan di Bidang Biologi dan Pembelajarannya

Pengusaha yang berusaha secara mandiri maupun berkelompok untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungann dengann Biologi dan pembelajaran

4

Pengelola Laboratorium Biologi Sekolah

Pengelola laboratorium  Biologi sekolah sesuai permendikbud no. 26  Tahun 2008, yaitu kepala laboratorium (baik dari jalur guru, mapun teknisi), teknisi dan laboran.

 

B.  CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Program Studi Pendidikan Biologi dinyatakan dalam bentuk Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terdiri dari aspek sikap (S), keterampilan umum (KU), keterampilan khusus (KK), dan penguasaan pengetahuan (PP). CPL tersebut dirumuskan berdasarkan SN-Dikti dan diskriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikan sarjana (level 6). Adapun rumusan lengkap standar kompetensi lulusan prodi Pendidikan Biologi yang dinyatakan dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan adalah sebagai berikut:

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Sikap (S)

S1

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri.

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

S11

Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati sebagai pendidik untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S12

Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik yang unggul bernafaskan nilai-nilai keislaman

Ketrampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistimatis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atu implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskriptif santifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

KU4

Menyusun diskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data;

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.;

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

KU10

Mampu mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam pembelajaran Biologi

Ketrampilan Khusus (KK)

KK1

Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

KK2

Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya

KK3

Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal Psikologi pendidikan

KK4

Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran

KK5

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran

KK6

Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar

KK7

Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi

KK8

Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas Kurikulum

KK9

Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan

KK10

Mampu menerapkan pedagogi specific untuk membelajarkan konsep Biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan  pedagogi yang  tepat sebagai implementasi tecnological pedagogical content knowledge (TPCK)

KK11

Memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peseta didik secara mandiri dan kelompok

KK12

Mengkomunikasikan secara lisan dan tulis hasil-hasil penelitian dan gagasan  tentang pendidikan  biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan  biologi  ditingkat nasional dan/atau internasional

KK13

Mengaplikasikan ilmu Biologi dan pendidikan Biologi sebagai dasar pengembangan kewirausahaan

KK14

Mengapilikasikan manajemen sekolah dan laboratorium IPA Biologi dengan memanfaatkan IPTEKS

KK15

Melaksanakan pembelajaran Biologi yang berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan

Penguasaan Pengetahuan (PP)

PP1

Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan

PP2

Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan

PP3

Menguasai teori belajar dan pembelajaran

PP4

Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan

PP5

Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian

PP6

Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman

PP7

Menguasai konsep, prinsip, hukum dan teori biologi dan Ke-MIPA-an serta terapannya dalam pembelajaran di sekolah

PP8

Menguasai metodologi penelitian kependidikan dan keilmuan Biologi

PP9

Menganalisis potensi lokal kawasan tapal kuda sebagai dasar pengembangan kearifan lokal dalam pembelajaran

PP10

Menguasai konsep dan prinsip kewirausahaan berbasis Biologi dan Pendidikan Biologi

PP11

Menguasai manajemen sekolah dan laboratorium IPA Biologi Sekolah

PP12

Menguasai prinsip-prinsip keislaman dan kemuhammadiyahan dalam pembelajaran Biologi

 

C.  DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER

Penyebaran mata kuliah  program studi Pendidikan Biologi pada tiap semster utamanya didasarkan pada hierarki keilmuan, sehingga sebagian besar mata kuliah membutuhkan mata kuliah lain sebagai prasyarat. Adapun daftar mata kuliah Prodi Pendidikan Biologi Tiap semester adalah sebagai berikut:

 

Semester 1

No

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

MJU.01-002

Pancasila

2

-

2

MJU.01-001

Pendidikan Agama

2

-

3

MJU.KIP.BIO-001

Biologi Dasar

3

-

4

MJU.KIP.BIO-002

Matematika Dasar

3

-

5

MJU.KIP.BIO-003

Kimia Biologi

3

-

6

MJU.KIP.BIO-004

Teknik Lab Biologi

3

-

7

MJU.KIP-001

Landasan Pendidikan

2

-

 

 

JUMLAH

18

 

Semester 2

No

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

MJU.01-003

PendidikannKewarganegaraann

2

-

2

MJU.01-004

Bahasa Indonesiaa

2

-

3

MJU.02-005

Ibadah, Akhlak dan Muamalah (Al Islam II)

2

-

4

MJU.KIP-002

Filsafat Pendidikan

2

-

5

MJU.KIP-003

Perkembangan Peserta Didik

2

-

6

MJU.KIP.BIO-005

Dasar Bimbingan dan Konseling

2

-

7

MJU.KIP.BIO-006

Biokimia

3

Kimia Biologi

8

MJU.KIP.BIO-007

Fisika Biologi

3

Biologi dasar

9

MJU.KIP.BIO-008

Pendidikan Biologi

2

Landasan Pendidikan, Biologi Dasar

 

 

JUMLAH

20

 

Semester 3

No

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

MJU.02-006

Kemuhammadiyahan

2

-

2

MJU.KIP.BIO-009

Struktur Perkembangan Tumbuhan

4

Biologi dasar

3

MJU.KIP.BIO-010

Struktur Perkembangan Hewan

4

Biologi dasar

4

MJU.KIP-004

Belajar dan pembelajaran

2

Landasan pendidikan

5

MJU.KIP.BIO-011

Biologi Seluler dan Molekuler

3

Biologi dasar

6

MJU.KIP-005

Penguatan Lapangan Landasan Kependidikan (PLP I)

1

Landasan, pendidikan, PPD, Dasar BK

7

MJU.KIP.BIO-013

Profesi guru

2

-

 8

MJU.KIP.BIO-012

Manajemen Sekolah*

2

Landasan pendidikan

9

MJU.KIP.BIO-038

Instrumentasi Laboratorium*

3

 

 

 

JUMLAH

23

 

Semester 4

No

Kode

Mata Kuliah

sks

Prasyarat

1

MJU.02-007

Islam dan Ilmu Pengetahuan

2

-

2

MJU.KIP.BIO-015

Kajian Kurikulum Biologi SMA/MA

2

Pendidikan Biologi

3

MJU.KIP.BIO-016

Mikrobiologi

3

Pendidikan Biologi

4

MJU.KIP.BIO-017

Biosistematik Tumbuhan

3

Biologi seluler dan molekuler

5

MJU.KIP.BIO-018

Biosistematik Hewan

3

SPT

6

MJU.KIP.BIO-019

Strategi Belajar Mengajar Biologi

3

SPH

7

MJU.KIP.BIO-020

TIK dalam Pembelajaran Biologi

2

Pendidikan Biologi, Belajar dan pembelajaran

8

MJU.KIP.BIO-014

Kajian Kurikulum IPA terpadu SMP/MTs*

2

Biologi dasar, pendidikan Biologi

9

MJU.KIP.BIO-039

Parasitologi*

3

 

 

 

JUMLAH

23

 

Semester 5

No

Kode

Mata Kuliah

Sks

Prasyarat

1

MJU.KIP.BIO-021

Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Biologi

3

SBM, Kurikulum, TIK dalam pembelajaran Biologi

2

MJU.KIP.BIO-022

Perencanaan Pembelajaran Biologi

3

Kurikulum,

3

MJU.KIP.BIO-023

Evaluasi Pembelajaran Biologi

3

SBM Bio, TIK dalam pembeljaran Biologi

4

MJU.KIP-006

Praktik Pengalaman Adminitrasi Pembelajaran (PLP II tahap I)

1

SBM, Kurikulum

5

MJU.KIP.BIO-024

Biostatistik

3

Matematika

6

MJU.01-002

Kewirausahaan

2

-

7

MJU.KIP.BIO-025

Fisiologi Tumbuhan

3

SPT

8

MJU.KIP.BIO-026

Bahasa Inggris

2

-

 

 

JUMLAH

20

 

Semester 6

No

Kode

Mata Kuliah

Sks

Prasyarat

1

MJU.KIP-007

Microteaching

2

Kewirausahaan

2

MJU.KIP.BIO-027

Metodologi Penelitian

4

Semua kependidikan

3

MJU.KIP.BIO-028

Genetika

4

Biostatistik

4

MJU.KIP.BIO-029

Fisiologi Hewan

3

Biologi seluler molekuler

5

MJU.KIP.BIO-030

Ekologi

4

SPH

6

MJU.KIP.BIO-032

Bioedupreneur*

3

Biosistematik hewan dan tumbuhan

7

MJU.KIP.BIO-040

Pengelolaan Pangan Halal*

2

 

8

MJU.KIP.BIO-041

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK*

2

 

 

 

JUMLAH

24

 

Semester 7

No

Kode

Mata Kuliah

Sks

Prasyarat

1

MJU.KIP-008

Kuliah Kerja Terbimbing (PLP II tahap II)

2

Microteaching

2

MJU.02-009

KKN-PM

3

 

3

MJU.KIP.BIO-031

Anatomi Fisiologi Manusia

3

Fiswan

4

MJU.KIP.BIO-033

Evolusi

2

Genetika

5

MJU.KIP.BIO-035

Ilmu Lingkungan

3

Genetika

6

MJU.KIP.BIO-037

Penulisan Proposal dan Artikel ilmiah

2

Ekologi

7

MJU.KIP.BIO-036

Etnobiologi Kawasan Tapal Kuda*

2

Ekologi

8

MJU.KIP.BIO-034

Bioteknologi*

3

Metpen

9

MJU.KIP.BIO-042

Kultur Jaringan*

2

 

 

 

JUMLAH

22

 

Semester 8

No

Kode

Mata Kuliah

Sks

Prasyarat

1

MJU.02-010

Skripsi

6

Lulus seluruh MK

 

 

JUMLAH

6

 

                         

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Search

https://pondokindahwaterpark.co.id/slot-gacor/ https://www.smokintunasaloon.com/slot-gacor/ https://www.pilipiuk.com/slot-demo/ https://www.pilipiuk.com/rtp-live/ https://www.fap.mil.pe/toto-macau/ https://www.fap.mil.pe/rtp-live/ https://heylink.me/slot-demo.gratis/